17 Sep 2008

Knowledge Management

Hi smw,, back to my post,, hee....

Sekarang,, gw cm mau dikit member pencerahan aja (halahhh^^) ke lo smw ttg apa itu KM (Knowledge Management). Guess whaattt....?

Jadi,, begini kurang lebih ceritanya. Di semester yang ke 5 ini,, yang katanya salah satu semester paling wuuuiiihhhhh ini,, anak2 TI06 dpt mata salah satu mata kuliah wajib yang judulnya MIS.Nahhhhh,, dari sini,, mulai muncullah tugas2 yang mayoritas byk bgt menjadi tools buat kita2 supaya bisa dan semakin terbiasa “menjamah” dunia maya. Diantaranya,, disuruh buat blog (well,, u see,, ga ada mata kuliah ini,, mungkin sekarang lw g abaca tulisan gw,, thx MIS xp,, hw3),, nyari artikel2,, dan salah satunya yaaaa,, artikel ttg KM ini. Begitulah kurang lebih korelasi antara MIS dan KM di mata gw,, hw3.......

Definisi ttg KM tergantung dari cara organisasi yang menggunakan dan memanfaatkan pengetahuan. Organisasi intelejen militer pasti dunk punya definisi yang beda ttg pengetahuan dibanding dgn perusahaan. Salah satu definisi KM adalah proses sistematis untuk menemukan, memilih, mengorganisasikan, menyarikan dan menyajikan informasi dengan cara tertentu yang dapat meningkatkan penguasaan pengetahuan dalam suatu bidang kajian yang spesifik. Atau secara umum KM adalah teknik untuk mengelola pengetahuan dalam organisasi untuk menciptakan nilai dan meningkatkan keunggulan kompetitif.

Nahh,, dalam kesempatan ni juga,, gw dapet artikel (jurnal) yang menjelaskan pengimplementasian KM di bank2 di Malaysia,, salah satunya Bank Negara Malaysia. Disini, KM berguna bgt buat men”share” dan membuat alur informasi yang jelas, efektif dan efisien. Tools2 yang digunakan lebih kearah teknologi2 yang dipakai untuk me”reposit” dan mentransfer wawasan antar para pegawai, sehingga dapa meningkatkan kompetensi dari perusahaan/bank tersebut, bahkan sampai dengan target untuk mendapatkan nama di mata dunia.

2 komentar:

Alvin Kusuma mengatakan...

Sehat lah ki,
eniwei, nice post...

Md Santo mengatakan...

Sehubungan perihal KM, saya atas nama PT Mobee dg PT BlueMoon Tech sbg holding company mengajak anda ber"social networking", "active colaboration" dan saling berbagi pengetahuan (sharing knowledge) melalui Social Networking Site (SNS) MOBEE KNOWLEDGE COP (COP=Community of Practice) yg heading-nya berbunyi sbb : " Learn how to be in state of LEARNING, GROWTH, and INNOVATION through our Community of Practice (COP) in Knowledge Management (KM)".

Situs menyediakan "explicit knowledge" atau pengalaman/pencapaian PT Mobee sebagai bahan awal forum/diskusi/blog dsb, tapi diharapkan selanjutnya juga menerima bahan-bahan dari luar Mobee untuk diskusi yg lebih luas. Masukan, tanggapan, input, pertanyaan dsb bisa dalam Bahasa Indonesia atau Inggris.

Untuk perkenalan awal dan sekaligus memahami konten kami secara holistik, mohon anda "copy-paste-click" discussion link :
http://mobeeknowledge.ning.com/forum/topic/show?id=2090583%3ATopic%3A2062 ( OUR KNOWLEDGE MAP )

Terima kasih

Md Santo
Knowledge Manager Mobee & BlueMoon Tech